Beyonce

INFORMATION

Artist Birtday : 04/09/1981 (Age 35)
Born In : Amerika Serikat (US)
Occupation(s) : Penyanyi, pencipta lagu, produser rekaman, sutradara video musik, aktris, penari, perancang busana
Genres : R&B
Web Site : www.beyonceonline.com

Beyoncé Giselle Knowles-Carter (lahir 4 September 1981) adalah seorang penyanyi dan aktris Amerika Serikat. Lahir dan dibesarkan di Houston, Texas, ia tampil di berbagai kompetisi menyanyi dan menari pada masa kecilnya, dan naik daun pada akhir tahun 1990-an sebagai penyanyi utama dari grup musik wanita R&B, Destiny’s Child. Di manajeri oleh ayahnya Mathew Knowles, grup ini menjadi salah satu grup paling sukses di seluruh dunia. Ketika grup dalam masa istirahat, Beyoncé merilis album solo pertamanya, Dangerously in Love (2003), membuat dirinya sebagai salah satu artis solo di dunia; album terjual sebanyak 11 juta kopi, meperoleh lima Penghargaan Grammy menghasilkan dua singel nomor satu pada tangga lagu Billboard Hot 100, yakni “Crazy in Love” dan “Baby Boy”.

Setelah pembubaran Destiny’s Child pada tahun 2005, ia merilis album solo keduanya, B’Day (2006), yang memuat singel “Déjà Vu”, “Irreplaceable” dan “Beautiful Liar”. Beyoncé juga bekerja dalam bidang akting, dengan pernah memperoleh nominasi Golden Globe untuk penampilannya di Dreamgirls (2006), dan membintangi peran di The Pink Panther (2006) dan Obsessed (2009). Pernikahannya dengan rapper Jay-Z dan pemeranan sebagai Etta James di film Cadillac Records (2008) memberi pengaruh pada album ketiganya, I Am… Sasha Fierce (2008), di mana album menjadi tonggak lahirnya alter ego dirinya, Sasha Fierce, dan memperoleh Penghargaan Grammy pada tahun 2010, termasuk Lagu Terbaik Tahun Ini untuk “Single Ladies (Put a Ring on It)”. Beyoncé mengambil masa istirahat dari musik pada tahun 2010 dan mengambil alih manajemen kariernya sendiri; album selanjutnya 4 (2011) memiliki nada yang lebih mellow, menjelajahi musik funk 1970-an, musik pop 1980-an, dan musik soul 1990-an.[4] Album studio kelimanya, Beyoncé (2013), diakui secara kritik dan menjadi album yang berbeda dari perilisan album-album sebelumnya dikarenakan berbagai eksperimen dalam produksinya dan penjelajahan tema album yang lebih gelap.

Mendeskripsikan dirinya sebagai “feminis modern”, lagu-lagu Beyoncé sering ditandai dengan tema-tema seperti cinta, hubungan, dan monogami, serta seksualitas dan pemberdayaan wanita. Di panggung, penampilannya yang dinamis dan memiliki koreografi yang baik membuat kritikus mengklaim dirinya sebagai salah satu entertainer terbaik di musik populer kontemporer. Selama perjalanannya berkarier selama 16 tahun, ia telah memenangkan 17 Penghargaan Grammy dan menjual lebih dari 118 juta rekaman sebagai artis solo dan 60 juta rekaman bersama Destiny’s Child, membuat dirinya sebagai salah satu artis musik terlaris di dunia sepanjang masa. Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat mengakui Beyoncé sebagai artis top bersertifikasi di Amerika saat dekade 2000-an.[10][11] Pada tahun 2009, Billboard menamai dirinya sebagai “Artis Tangga Lagu Radio Terbaik Dekade Ini”, “Artis Wanita Terbaik” pada tahun 2000-an dan “Artis Terbaik Milenium Ini” pada tahun 2011. Pada tahun 2014 dia menjadi musisi kulit hitam dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah. Dia masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia di majalah Time pada tahun 2013. Pada tahun 2014, Time memuat dirinya dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia serta dirinya menjadi sampul edisi bulanan majalah tersebut. Forbes menamai dirinya sebagai wanita terkuat ketujuhbelas di dunia, dan wanita terkuat kedua di bidang entertainmen.

ARTIST PHOTO

ALBUMS

ADVERTISEMENT